selamat datang

selamat datang...terimah kasih untuk kunjungan anda

Minggu, 15 Januari 2012

Cara MembuatKomputer Anti Lelet


Cara MembuatKomputer Anti Lelet
Jun 29, 2011 by AoRohimanUnderTips &Trik - 16 Comments  
Sebagaipenggunakomputertentunyakitamenginginkanmempunyaikomputer yang mempunyaikinerja optimal, cepatdanstabil.Sayamenyebutnya “komputer anti lelet”.  Dalamartikelperdanainisayainginberbagipengalamandenganpembaca blog fastncheaptentangbagaimanacaramembuatkomputer anti leletdenganmelakukanbeberapaperawatandan tune up sederhanaterhadapkomputeruntukmeningkatkankinerja windows.
Sebelummembuatkomputer anti lelet, sebaiknyakitamengetahuiterlebihdahulubeberapahal yang menyebabkanperformakomputerkitalambat, sering hang bahkanmunculberbagai error yang meyebabkankomputercrashsehinggatidaknyamanlagidigunakan.   Beberapahal paling umum yang dapatmenyebabkanmasalahpadakomputersehinggakomputerkitaterasaleletkitadiantaranyaadalah:
  1. MengabaikanMinimum Hardware Requirements, ketikamenginstal  suatuaplikasi.
    Semua software / aplikasimempunyaispesifikasi minimal hardware komputer yang diperlukan agar aplikasitersebutdapatberjalan normal.  Dan kitaingatituadalahspesifikasiminimal ,jadi agar aplikasitersebutbisaberjalan optimal spesifikasikomputerkitaharuslebihtinggidari system requirement  aplikasitersebut.
  2. Overheatingpadakomponen hardware, beberapakomponen hardware yang seringterjadi overheat adalah Processor, Mainboard, VGA Card dan Power Supply. Overheat padakomponen hardware tersebutbisanyaterjadi  karenatidakoptimalnyakerja system pendingin (misalnya fan Processor),  komputerditempatkan di ruangan yang memangmempunyaitemperaturcukuptinggiataubisajugakarenakomputer yang dioperasikan 24 jam nonstop.
  3. Live time, hardware komputerjugatidakbisamelawanusia, terutamauntukkomponenkapasitorpada mainboard danhardisk. Secaraumumkomputer yang telahberoperasidiatas 5 tahunsudahsaatnyadiupgradeataudigantibaru.
  4. Terlalubanyak software yang diinstall, banyak proses yang berjalan di background, terdapat virus, malware dan spyware yang memakan resource Processor dan Memory yang padaakhirnyadapatmenyebabkankomputerkitaterasasangatlelet.
Setelahkitamengetahuibeberapapenyebabumumkomputermenjadilelet, makasaatnyalahsekarangkitamempersiapkan  danmelakukanbeberapalangkahtune up windowsuntukmembuatkomputer anti lelet.
  1. Ketahuispesifikasikomputerkita, janganraguuntukmeng-upgrade komponenterutamauntuk RAM yang masihdibawah 1 GB.  Apabilaandaberminatmembelikomputerbaru, menurutsayaspesifikasi minimal saatiniadalahkomputersekelas Intel Core 2 Duo, RAM DDR3 2 GHz,  Hardisk SATA 250 GB dan 530 Watt Power Supply.
  2. Bersihkankomponen hardware, buka casing CPU danbersihkandebu yang menempelpada mainboard, fan dan peripheral lainyadenganmenggunakansikathalusdanvacum cleaner.
  3. Bilamemangspekkomputerkita pas-pasanginstal-lah program yang benar-benardiperlukansaja. Ada baiknyajugauntukmenggunakan program alternative yang mempunyaiukurankecildantidakmemakanbanyak resource, diantaranyaadalah:
    • Open Office,  untukmembukadanmengeditdokumen
    • Foxit Reader, untukmembacadokumen PDF
    • Opera Mini, untuk browsing  lebihcepatdanaman
    • 7 Zip untukmembuatdanmembuka file kompresi
    • VLC Media Playeruntukmenjalankan file multimedia
  4. Bersihkankomputerdari virus, spyware dan malwaredengan virus scanner sepertimisalnyaNorman Malware Cleaner, lalu install antivirus yang tidakmemberatkankomputer, sayasendirimenggunakanavastfree antivirusdanpastikanselalu update.
  5. Disable Automatic Updatepada windows, sebagaigantinya download security update dan hotfix terbarumenggunakanWindows Update Downloaderdari windowsupdatesdownloader.com

  6. Disable windows services yang tidakdigunakan, caranyaadalahsbb:
    • Klik start – run – ketik: services.msc
    • Double klikpada service yang tidakdipakai, padapilihanstart up typepilih disable
    • Beberapa service windows yang bisaanyatidakterpakaidiantaranya : Alerter, Clipbook, Distributed Link Tracking Client, Fast User Switching, Help and Support , Indexing Service, IPSEC Services,  Netmeeting Remote Desktop Sharing,  Portable Media Serial Number,  Remote Desktop Help Session Manager, Remote Procedure Call Locator, Remote Registry, Remote Registry Service, Secondary Logon, Routing & Remote Access, Server,  SSDP Discovery Service , Telnet,  TCP/IP NetBIOS Helper,  Upload Manager, Universal Plug and Play Device Host, Wireless Zero Configuration (bagi yang tidakmenggunakan wireless device).  Untukkomputer yang tidakterhubungkejaringan disable juga
      komputer Browser, Messenger, Windows Time .
  7. Matikanbeberapaaplikasi yang berjalanotomatissaat windows startup. Sayamenggunakan tools Start Up Control Panel untukmengontrol program apasaja yang perluatautidakperlu di load saat windows start up. Download programnya di www.mlin.net/StartupCPL.shtml, lalujalankandan disable beberapa service yang tidakdiperlukan
  8. Matikan System Restorepadabeberapapartisiataukeseluruhan drive. Selaindapatmeningkatkankecepatan windows, mendisablefituriniakanmenghindari  boomerang yang terjadikarenaadanya virus yang bercokol di file-file restore point.
    • Caranya: klikkanan icon My komputer – klikProperties – klik tab System Restore – check  Turn off system restore
  9. Bersihkan desktopdari shortcut dan file yang tidakseringterpakai. Untukmenyimpan file data sebaiknyasimpan di folder atau drive tersendiri. Gunakan wallpaper yang tidakmemakanbanyak resource memory ataugunakansaja background warnapadatampilan desktop.
  10. AturVisual Effects for Better Performance,
    • Caranya: klikkananMy komputer – klikProperties – klik tab Advance – pada menu Performance pilihsetting,
      pada tab visual effectpilihAdjust for best Performance.
  11. Bersihkan temporary file yang adadilokasi C:Documents and Settings-namauser-Local Settings-Temp dan C:Windows-Temp
  12. Jalankan Disk Cleanup Wizarduntukmeng-compress old filedanmembersihkan file-file yang tidakdiperlukan.
    • Caranyaklikstartrun – ketik : cleanmgr
  13. Jalankan Disk Defragmentersecarateraturuntukmerapikankembali data-data yang tersimpanpadahardisk.
    • Caranyaklikstartrun – ketik : dfrg.msc
  14. Jalankan tools Checkdiskuntukmemastikanstruktur file dandirektorypadahardiskbebasdari error.
    • Caranya :BukaWindows Explorer, Klikkananpadahardisk yang aka di scan, pilihProperties,  pilih tab Tools,pilihError Checking, klikCheck Now.
    • check Automatically fix file system errorsdanScan for and attempt recovery of bad sector
  15. Install ulang Windows danAplikasi.  Apabiladirasakomputersudahterlalubanyakmasalah, inilahjurusterakhir yang dapatkitalakukanuntukmembuatkomputerkitakembalikeperformaawal, selamatkansemua data kepartisiatauhardisk yang lain lalumulailagisemuanyadariawal, reinstall Windows dan program aplikasilainnya.
Demikianlahsedikitcaraperawatandantune up windows untukmembuatkomputerkitaselalubekerja optimal alias anti lelet.  Dalamartikelinisayamasihmenggunakansistemoperasi Windows XP, meskipunbeberapa tips diataspadaprinsipnyadapatjugaditerapkanpada OS yang lain.
Semogabermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar